Kuliah Lapangan Ciputra Hall, Surabaya

Hari Senin, 22 Mei 2023, mahasiswa semester 4 Prodi Arsitektur Universitas Widya Kartika berkesempatan mengunjungi Ciputra Hall, Surabaya. Kunjungan ini dalam rangka kuliah lapangan untuk menunjang mata kuliah Studio Desain Arsitektur 3 (Arsitektur Simbolis) dengan Tugas Perencanaan dan Perancangan Pusat Budaya di Kota Surabaya. Kuliah Lapangan ini dibimbing Ibu Shirleyana, Ph.D. selaku dosen mata kuliah yang bersangkutan, dan Bapak M. Arko Narisworo selaku General Property Manager Sekolah Ciputra dan Bapak David selaku teknisi Gedung Ciputra Hall yang memandu dalam Kuliah Lapangan ini.

IMG_8117 IMG_8114 IMG_8107 IMG_8120 IMG_8127

Gedung Ciputra Hall merupakan gedung pertunjukan berfasilitas lengkap dan modern berlokasi di lingkunganĀ  Sekolah Ciputra Surabaya, sebagai wadah apresiasi pertunjukan karya seni di Surabaya. Gedung Ciputra Hall memiliki auditorium seluas 1200 m2, dengan kapasitas 710 penonton. Dari kunjungan kuliah lapangan ini mahasiswa dapat melihat fasilitas-fasilitas gedung pertunjukan, area backstage, ruang persiapan, ruang control dan multimedia, loading dock dan ruang penunjang lainnya. Selain itu mahasiswa juga belajar tentang pemisahan sirkulasi pengunjung, panitia dan pelaku pertunjukan. Mahasiswa juga mendapat wawasan baru tentang sistem yang diterapkan di gedung pertunjukan antara lain sistem tata cahaya, tata suara (akustik), penghawaaan, dan termasuk sistem pencegahan terhadap kebakaran.

Diharapkan dengan adanya kunjungan kuliah lapangan ini menambah wawasan mahasiswa tentang desain Arsitektur Simbolis dan desain gedung pertunjukan untuk diterapkan dalam Tugas Perencanaan dan Perancangan Pusat Budaya masing-masing.

WhatsApp Image 2023-05-23 at 13.51.19 IMG_8130

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[+] Zaazu Emoticons Zaazu.com