Study Tour Hima Arsitektur & Sipil Uwika ke Bali

Tanggal 4-8 Mei 2015, prodi Arsitektur Uwika (Universitas Widya Kartika Surabaya) bekerja sama dengan prodi Sipil Uwika mengadakan Study Tour ke Bali. Tema study tour kali ini adalah „Keep Calm and Enjoy your Study“. Study tour kali ini mengunjungi beberapa tempat yang menarik untuk menambah wawasan bidang ilmu Arsitektur dan Sipil di samping tempat-tempat rekreasi.

 

Rombongan Hima ARS (Arsitektur dan Sipil) berangkat dari kampus Uwika di Sutorejo Prima Utara II/1 Surabaya tanggal 04 Mei 2015. Sesampai di Bali, kunjungan dilakukan ke diantaranya:

 Hari ke-1 (05 Mei 2015):

Kunjungan  pertama dilakukan ke Desa Panglipuran, terletak di Kabupaten Bangli, merupakan desa wisata yang masih kental dengan adat dan budaya Bali. Selanjutnya rombongan mengunjungi Taman Nusa. Di Taman Nusa, kita dapat melihat tidak hanya model rumah-rumah adat tradisional Indonesia mulai dari Sabang sampai Merauke, tapi juga tentang budaya dan sejarah kerajaan-kerajaan yang pernah ada di Indonesia. Lokasi Taman Nusa sangat luas, terdiri dari 15 hektar. Lokasi kunjungan terakhir di hari pertama adalah Krisna, tempat oleh-oleh paling popular di Bali.

Desa Panglipuran

Foto bersama HIMA ARS Uwika

Mengunjungi Rumah Adat di Taman Nusa

Hari ke-2 (06 Mei 2015):

Kunjungan di hari ke -2 dimulai di Garuda Wisnu Kencana (GWK), kemudian dilanjutkan ke Pure Uluwatu. Di kedua tempat ini mahasiswa arsitektur dapat belajar mengenai ruang luar (plaza) yang terbentuk, landscape dan serial vision, karena kedua-duanya menawarkan vista yang menarik. Menjelang senja, perjalanan dibuat lebih santai ke Pantai Pandawa dan Pantai Jimbaran.

Menuju Plaza Wisnu

Menonton pertunjukan di Amphiteatre GWK

Hari ke-3 (07 Mei 2015):

Hima ARS mengadakan studi banding ke Universitas Udayana di Bali. Di sana mahasiswa dapat melihat laboratorium arsitektur, studio, dan tugas-tugas mahasiswa yang didisplay. Selain itu tambahan sedikit wawasan tentang arsitektur tradisional Bali juga disampaikan oleh Sekretaris Jurusan Arsitektur di Universitas Udayana, Bapak Jaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[+] Zaazu Emoticons Zaazu.com